Kamis, 26 Juli 2012

HURU HARA DUNIA INTERNET



Selama beberapa tahun saya terjun ke dunia internet, khususnya dunia facebook, saya mendapati banyak sekali beragam warna yang membentuk sosok atau privasi, entah itu fiktif ataukah reality.

Secara garis besar, sosok akun privasi seseorang dapat dikategorikan dalam TIGA JIWA.

1. JIWA ANARKISME

2. JIWA HALUSINASISME

3. JIWA PRATIOTISME

Selama bertahun-tahun saya berkecimpung di dunia internet, paling banyak saya bertemu dengan sosok yang berjiwa anarkisme dan halusinasisme.

SEBAB DAN AKIBAT

Seperti apapun dunia internet, macam apapun dunia internet, tidak akan pernah dapat di pungkiri bahwa dunia internet itu adalah bagian atau sangat berhubungan erat dengan dunia realita, sebab munculnya dunia internet adalah buah dari realita, akibat dari dunia internet juga berdampak pada kehidupan realita.

Dari latar belakang manapun, kondisi sosial macam apapun, para penyelam dunia internet, mau tidak mau akan ikut terkena arus, yaitu arus anarkisme, arus halusinasisme, dan arus patriotisme.

APAKAH ITU JIWA / AKUN

Anarkisme adalah mereka yang suka berkata kasar, mencemooh, menyindir, meremehkan, merendahkan, melecehkan, menghina, kata-kata jorok, tabu, asusila, terhadap orang lain.

Sosok jiwa anarkisme sering sekali kita temui, tidak pandang dari mana, suku, ras, golongan, partai, ormas, daerah, agama, dan latar belakang semua itu, semua terjangkiti..

Sosok jiwa ini cirinya mudah di ketahui, dari sepak terjang keseharian nya.

Saya bertahun-tahun berkecimpung dunia internet, khususnya facebook, paling sering menjumpai sosok seperti ini.

Mereka mendominasi dalam forum-forum dialog, di berbagai tempat, Meskipun begitu, saya hampir tidak pernah mengikuti arus mereka, berdebat dengan mereka adalah hal tabu bagi saya.

Jika kamu tahu apa tembok, maka jangan kau pukul, karena tangan mu sendiri yang akan lecet, dan itulah sosok mereka.

AKUN YANG BIKIN SEPET

Halusinasisme adalah sosok yang fatamorgana, angin-anginan, gak jelas, suka tebar senyuman, tapi senyuman palsu.

Sosok halusinasisme adalah sosok kebalikan dari anaskisme, jika anarkisme identik dengan kekerasan, maka halusinasisme identik dengan kelicinan, senyum palsu, senyum hampa, dan senyum kelicikan.

Untuk mengidentifikasi sosok seperti ini, dibutuhkan pendalaman tentang kepribadian, dan tanpa disadari, mungkin sekeliling kita penuh dengan orang seperti ini.

Sosok halusinasisme tidaklah selalu ber aura negatif, sebab pada dasarnya mereka adalah korban dari ketidak puasan atas realita sehingga terjun ke dunia internet sebagai pelarian. Hasil instan nya cukup terasa, karena dapat menghilangkan stres, dan kesepian, tentu saja tidak lah baik jika terus menerus lari dari kenyataan, ibarat obat kimia yang selalu ada efek samping jika digunakan dalam jangka panjang.

Bergaul dengan mereka ibarat kita bermain benda cair, air dingin atau air panas, minyak mentah atau minyak mendidih, jika salah menyentuh, maka tangan akan melepuh.

SOSOK PAHLAWAN

Patriotisme adalah Jiwa-jiwa yang apa ada nya, sosok yang ala kadarnya, punya nilai dan harga diri yang di yakini.

Sosok patriotisme adalah sosok yang paling menjunjung dan memikirkan orang lain dan sekitarnya, sosok patriotisme tidak akan mudah mengumbar kata-kata.

Ibarat Udara dan Angin, yang sejuk dan semilir, yang jadi sahabat semua makhluk, tapi jangan pernah macam-macam dengannya, karena bisa berubah jadi badai yang dapat menyapu semuanya.

SOSOK SEPERTI APAKAH DIRI INI?

Jangan tanya sosok seperti apakah aku selama ini, tapi bertanyalah, mau jadi sosok seperti apakah diri ini nanti.!!!

Wassalam..


Note by : Pendekar Pedang Setiawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Moch.Rifai El Gamary